Mengenal Oleh-Oleh Khas Surabaya, Di lain Tempat belum tentu ada!

Liburan ke Surabaya tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-olehnya yang khas. Tentunya ada banyak jenis oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda beli sebagai buah tangan bagi keluarga atau sahabat di rumah.

Jika Anda belum tahu apa saja oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang dari Surabaya, Anda bisa menyimak informasinya berikut ini agar tidak bingung saat sudah tiba di pusat oleh-oleh Surabaya.

Mengenal Oleh-Oleh Khas Surabaya 

Oleh-oleh dari Surabaya memang cukup beragam, baik dari yang bentuknya makanan, minuman, hingga souvenir seperti kaos, dll. Supaya tidak bingung saat berbelanja oleh-oleh, berikut ini adalah beberapa jenis oleh-oleh yang direkomendasikan. 

  • Kerupuk Ikan Kenjeran

Hasil laut di wilayah Kenjeran, Surabaya memang sangat melimpah. Selain dijual untuk konsumsi, banyak masyarakat yang mengolahnya sebagai kerupuk ikan dengan cita rasa yang gurih dan kandungan protein yang cukup tinggi.

Untuk keperluan oleh-oleh, Anda bisa membeli kerupuk ikan Kenjeran yang masih mentah atau yang siap santap jika tidan mau repot menggoreng. Kerupuk ini juga tersedia dalam beberapa varian seperti kerupuk kerang, kerupuk rumput laut, kerupuk ikan dan kerupuk cumi.

  • Kerupuk Udang Lobster

Biasanya kerupuk udang dibuat dari bahan udang rebon, namun kerupuk udang yang ini beda karena dibuat dari bahan udang lobster yang sangat gurih. Selain gurih, rasanya juga sangat khas sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah.

  • Kue Mente

Oleh-oleh selanjutnya yang wajib dibawa pulang setelah liburan di Surabaya adalah Kue Mente. Kue kering yang terbuat dari bahan kacang mente ini memiliki cita rasa yang benar-benar enak dengan teksturnya yang lembut.

  • Bebek Djangkep

Kuliner yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena memiliki cita rasa yang unik dan khas. Olahan bebek ini dimasak dengan bumbu kuning kemudian dibungkus seperti pepes.

Anda bisa membawa pulang seporsi Bebek Djangkep dengan harga sekitar Rp 110.000 dan kemudian menggorengnya sendiri setelah tiba di rumah. Pulang liburan dari Surabaya pun terasa semakin sempurna dengan menu Bebek Djangkep yang nikmat.

  • Oseng Tuna Asap

Olahan daging tuna khas Surabaya ini merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan, dan mungkin Anda salah satunya. Selain kandungan gizinya yang cukup tinggi, cita rasa olahan tuna ini juga gurih dan sangat khas dengan aromanya yang menggugah selera.

Pada jenis oleh-oleh ini Anda bisa memilih varian yang tersedia sesuai selera, ada varian oseng tuna asap dengan rasa pedas dan original. Atau kalau mau membeli dua-duanya juga boleh, biar semakin lengkap.

  • Belinjo Udang

Dikenal dengan istileh Belindang, oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Emping berbahan belinjo ini memang menyajikan cita rasa pahit, namun entah kenapa rasa pahitnya justru bikin nagih.

Anda bisa mencoba belinjo udang yang unik dengan sensasi rasa udang di dalamnya. Varian keripik yang sudah diproduksi sejak tahun 1970-an ini memang beda dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah, baik yang pedas atau yang manis semuanya enak.

  • Bandeng Asap

Oleh-oleh lainnya yang juga direkomendasikan untuk dibawa pulang adalah Bandeng Asap. Kuliner ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan saat liburan ke Surabaya.

Cita rasa Bandeng Asap ini sangat khas dan unik dengan aromanya yang tentu saja menggugah selera. Sementara untuk penyajiannya paling mantap jika dinikmati bersama sambal petis yang manis dan gurih.

  • Pohong Tata

Menggunakan bahan utama ketela atau singkong, pohong tata menyajikan cita rasa yang gurih dengan rasa keju di dalamnya. Meskipun konsepnya sangat sederhana, namun dalam penyajiannya kuliner ini terlihat sangat menarik dan menggoda.

Produk ini sudah dikemas dalam bentuk frozen food dan Anda bisa membawanya pulang untuk digoreng di rumah. Atau kalau mau kemasan yang siap santap juga ada, sehingga lebih praktis karena tinggal “lheb”.

  • Keripik Buah Kane-Kane

Oleh-oleh khas Surabaya ini merupakan salah satu inovasi bagi Anda yang ingin mengkonsumsi buah dengan cara yang tidak biasa. Karena buah di sini sudah diolah sedemikian rupa hingga menjadi keripik yang renyah dengan cita rasa buahnya yang asli.

Buah-buahan yang dijadikan bahan keripik sudah melalui tahap vacum frying sehingga teksturnya menjadi kering dan renyah, selain itu juga tidak mudah melempem. Keripik buah ini sangat cocok untuk oleh-oleh, karena selain awet juga unik.

  • Sambal Bu Rudy

Jika Anda suka dengan rasa pedas, dan ingin membawa cita rasa pedas yang khas dari Surabaya ke rumah, maka Sambal Bu Rudy sangat cocok untuk dibawa pulang. Sambal ini memang sangat khas karena menyajikan rasa dan aroma udang yang begitu gurih.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang mencari Sambal Bu Rudy di toko oleh-oleh untuk dibawa pulang. Apalagi varian yang tersedia juga cukup beragam seperti sambal bajak dan sambal bawang. 

Buat oleh-oleh, Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak karena harganya cukup terjangkau. Dengan begitu makaa semua akan kebagian oleh-oleh Anda dari Surabaya.

  • Kopi Bandrek

Jika Anda penikmat kopi atau mungkin ingin membawakan oleh-oleh kopi untuk keluarga yang suka ngopi, maka Kopi Bandrek khas Surabaya bisa djadikan pilihan yang paling tepat. Cita rasa kopi ini sangat nikmat dan bisa bertahan hingga 6 bulan meskipun tanpa bahan pengawet.

  • Sirup Mangrove

Surabaya memiliki hutan bakau atau mangrove yang sangat luas, tepatnya di kawasan Rungkut. Selain bermanfaat untuk mencegah abrasi, tanaman mangrove di kawasan ini juga dimanfaatkan untuk bahan membuat sirup.

Pasti penasaran kan dengan rasanya? Anda bisa membeli Sirup Mangrove ini untuk dikonsumsi sendiri dan dijadikan oleh-oleh khas dari Surabaya. Sirup ini menyajikan rasa yang segar, asam dan manis di dalamnya. Sangat cocok diminum saat cuaca panas.

  • Siropen Telasih

Sirup yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas asal Surabaya. Sirup ini sudah ada sejak dulu dan diproduksi tanpa bahan pengawet seperti sirup pada umumnya, sehingga lebih menyehatkan.

Varian rasa yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari vanila, cocopandan, frambozen, jeruk, karamel, leci, hingga peppermint. Selain menyegarkan, harga sirup ini juga cukup terjangkau hanya Rp 25.000 saja per botolnya.

Bagaimana apakah masih bingung mau beli oleh-oleh apa saat pulang liburan dari Surabaya? Selain dari yang telah disebutkan di atas, masih banyak jenis oleh-oleh lainnnya yang bisa Anda beli sebagai buah tangan. Sebaiknya memilih oleh-oleh yang awet, apalagi jika perjalanan Anda cukup jauh.

Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Surabaya di beberapa toko dan pusat oleh-oleh yang ada di Surabaya. Untuk memudahkan perjalanan wisata Anda dan keluarga, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil rentcarsby.com, dengan kualitas armada dan driver yang terpercaya, nyaman dan murah.

Artikel Terkait

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kirim Pesan
1
Butuh Bantuan?
Halo, mau pesan rental mobil?
Yuk hubungi kami via whatsapp